Perbedaan grafis berbasis bitmap dengan vektor

Vektor VS Bitmap - Hai sobat grafis dimanapun kalian berada, apa kabar? dipembahasan sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian bitmap pada grafis desain dan pembahasan mengenai pengertian vektor dalam grafis desain.

Jika kalian ingin terjun didunia desain grafis tentunya kalian harus paham betu mengenai vektor dan bitmap. Kedua istilah tersebut harus dipahami oleh desainer grafis agar dapat membuat desain sesuai dengan hasil yang maksimal sesuai dengan kebutuhan.

Pada umumnya jika seorang desainer membuat rencangan logo suatu perusaan atau logo komunitas biasanya mereka menggunakan vektor grafis untuk mendesainnya kemudian setelah sudah dirasa cukup barulah desain logo tersebut diubah atau menjadi file berbasis bitmap.

adapun sebaliknya jika seseorang meminta desainer untuk membuat ulang atau remake logo yang resolusinya kecil sehingga logo tersebut terlihat kasar titik titik bitmapnya. hal tersebut bisa dilakukan sebaliknya dai file bitmap diubah atau ditrace ke vektor grafis.

Perbedaan Bitmap dengan Vektor

1. Ukuran (Size)


Ukuran file format bitmap lebih besar dari pada file berformat vektor ketika gambar tersebut disimpan.

2. Ketika diperbesar


file berformat bitmap saat diperbesar akan terlihat pecah, membentuk titik-titik bit yang membuat gambar menjadi kabur atau tidak jelas. Sedangkan file format vektor ketika diperbesar atau diperkecil gambar tersebut tidak akan blur atau pecah

3. Susunan


file berformat bitmap disusun oleh titik titik bit yang disebut pixel. sedangan vektor disusun dari titik node berdasarkan perhitungan matematis.

4. Pixel

file gambar berbasis bitmap bergantung pada pixel dengan gambar berformat vektor tidak dipengarui oleh pixel.


5. Kegunaan

Gambar berformat bitmap digunakan untuk gambar dengan warna yang kompleks seperti foto. sedangkan file berformat vektor digunakan utuk ilustrasi seperti desain logo.

6. Software

Bitmap tentunya dihasilkan oleh perangkat lunak komputer pengolah grafis berbasis bitmap. bisa baca disini Macam-macam software grafis berbasis Bitmap.
Vektor dihasilkan dari software pengolah grafis berbasis vektor. baca disini Macam-macam software desain berbasis vektor

diatas adalah beberapa berbedaan antara bitmap dengan vektor grafis yang umum ada dalam desain grafis yang perlu kita pahami. semoga bermanfaat dan dapat menambah pemahaman kita semua ya sob. terimakasih sudah membaca Vektor VS Bitmap

2 Komentar untuk "Perbedaan grafis berbasis bitmap dengan vektor"

  1. Terimakasih sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kunjungi postingan lain di Seputar Desain ya ka

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel